JudulAnalisis Pemasaran Bawang Merah Di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso |
Nama: ERLIN TUDANG KILLA'ALLO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran , margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran bawang merah di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan mey 2019. Metode yang digunakan yaitu metode sensus dengan 29 petani bawang merah. Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode Snowball Sampling sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul dan 5 pedagang pengecer. Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran bawang di Desa Alitupu terdapat dua saluran pemasaran. Margin saluran I yaitu Rp.9.667 dan margin saluran II yaitu Rp.15.267. bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran I sebesar 66,66% sedangkan bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran II sebesar 54,83%. Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 2,47%, dan pada saluran II sebesar 2,17%, sehingga saluran I lebih efisien dibanding dengan saluran II. Kata Kunci: Bawang Merah, Margin, Efisiensi, Pemasaran |