JudulANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESA NGGAWIA KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: AWALUDDIN FAJAR |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran kakao di Desa Nggawia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Pengambilan sampel produsen kakao dilakukanmenggunakan metode acak sederhana sebanyak 38 petani dan pengambilan sampel pedagang dilakukan menggunakan metode penjajakan diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar dan 1 konsumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan saluran pemasaran kakao di Desa Nggawia melalui dua saluran pemasaran. Margin pemasaran pada saluran 1 yaitu Rp.5.000/Kg sedangkan pada saluran II yaitu Rp.1.500/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran 1 yaitu 83,33%, sedangkan pada saluran kedua yaitu 95,00 %. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 2,9 %, sedangkan untuk saluran II yaitu 2,4%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran II dengan nilai efisiensi sebesar 2,4%. |