JudulANALISIS PEMASARAN TOMAT DI DESA NUPABOMBA KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: YEYEN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRACT This study aims to find out the marketing channels, marketing margins, the share of prices received by farmers and the efficiency of tomato marketing in Nupabomba Village. This research was conducted from December to January 2020. Sampling of Tomato producers was carried out using a simple random method of 33 farmers and merchant sampling was conducted using an assessment method obtained by 2 collectors, 2 large trader and 1 consumer. The data used are primary data and secondary data. The analysis used in this study is marketing margins, the price portion received by farmers and marketing efficiency. The results of marketing analysis show the tomato marketing channel in Nupabomba Village through two marketing channels. The marketing margin on channel 1 is Rp.6,000 / Kg while in channel II is Rp. 2,000 / Kg. The price portion received by farmers on channel 1 is 57.14%, while the second channel is %. Marketing efficiency in channel I is 5,8%, while channel II is 4,8%, so that of the two channels, the most efficient channel is channel II with an efficiency value of 4,8%. Keywords: Tomato, Marketing, Desa Nupabomba ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran tomat di Desa Nupabomba. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan Januari 2020. Pengambilan sampel produsen tomat dilakukan menggunakan metode acak sederhana sebanyak 33 petani dan pengambilan sampel pedagang dilakukan menggunakan metode penjajakan diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang Pengecer dan 1 konsumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan saluran pemasaran tomat di Desa Nupabomba melalui dua saluran pemasaran. Margin pemasaran pada saluran 1 yaitu Rp.6.000/Kg sedangkan pada saluran II yaitu Rp.2.000/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran 1 yaitu 57,14%, sedangkan pada saluran kedua yaitu 85,71 %. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 5,8 %, sedangkan untuk saluran II yaitu 4,8%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran II dengan nilai efisiensi sebesar 4,8%. Kata Kunci: Tomat, Pemasaran, Desa Nupabomba |