Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN BERAS DI DESA TORIBULU KECAMATAN TOTRIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: BAYU PRATAMA
Tahun: 2021
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya marjin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efisiensi pemasaran beras. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong dengan mengambil 37 responden dari 230 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (simple random sampling method), penentuan responden pedagang digunakan dengan cara penjajakan (tracing sampling) sebanyak 8 orang pedagang sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 50 orang. Hasil analisis menunjukan bahwa saluran pemasaran beras di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong terdapat dua saluran pemasaran. Total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 2.000 dan total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua sebesar Rp 2.400. Bagian harga yang diterima petani saluran pertama sebesar 79,59?n bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 76,47%, sehingga bagian yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama. Saluran pertama ini efisiensinya sebesar 2,97%, sedangkan pada saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 6,64%. Dari dua saluran pemasaran beras tersebut, saluran yang efisien adalah saluran pertama.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up