JudulAnalisis Pemasaran Kopra Di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli-toli |
Nama: RAHMAT |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pemasaran Kopra dari Desa soni Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli- Toli sampai ke Tangan Konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli - Toli dari Bulan Juli sampai dengan September 2020. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah responden 32 orang produsen (petani) dan pengambilan responden pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing Sampling) sehingga diperoleh sebanyak 1 orang pedagang pengumpul, dan 1 orang pedagang besar. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran usaha kopra di Desa Soni melalui dua saluran pemasaran, yaitu :(1) Produsen Pedagang Pengumpul Pedagang Besar Konsumen dan (2) Produsen Pedagang Besar Konsumen. Hasil analisis pemasaran usaha kopra pada saluran pertama yaitu : Mt = Rp 2.000/Kg dan margin pada saluran kedua yaitu Mt = Rp 1.000/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu : 75,0?n untuk saluran dan untuk saluran kedua yaitu : 87,5%. Sehingga petani dianjurkan untuk menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi saluran pertama sebesar 10,3?n untuk saluran kedua sebesar 9,0%, sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama. Kata Kunci : Pemasaran, Margin , Bagian Harga, Efisiensi. |