JudulAnalisis Pemasaran Usahatani Kelapa Dalam Di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: NUNUNG |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus sampai dengan oktober 2020. Metode yang digunakan yaitu metode acak sederhana dengan 35 petani kelapa dalam. Sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar serta 2 konsumen, sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 40 responden. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kelapa dalam di desa dolago melalui 2 saluran pemasaran. Margin saluran 1 yaitu Rp. 800/kg dan saluran 2 yaitu Rp. 700/kg, bagian harga yang diperoleh petani pada saluran 1 yaitu 53,57%, dan pada saluran 2 yaitu 72,00%. Efisiensi pemasaran pada saluran 1 yaitu 28,21?n saluran 2 yaitu 20,08%. |