Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS SALURAN PEMASARAN KAKAO DARI DESA SAUSU PAKAREME KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: I GEDE EKO SARWEDI
Tahun: 2019
Abstrak
ANALISIS SALURAN PEMASARAN KAKAO DARI DESA SAUSU PAKAREME KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG Analysist of Cocoa Marketing Channels From Sausu Pakareme Village Sausu District Parigi Moutong Regency Eko Sarwedi1), Wildani Pingkan2) ,Marhawati2) 1)Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu 2) Staf Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu e-mail : Ekosarwedi@gmail.com e-mail : wati_chairil@Hotmail.com e-mail :pink_2hz@yahoo.com ABSTRACT Sausu Pakareme Village is one of the Cocoa producing areas in Sausu Subdistrict, Parigi Moutong Regency. Cocoa farming is a source of income for farmers. The sustainability of these efforts must be maintained to increase farmers' production and income by maintaining or even increasing the production produced. The purpose of this study was to determine the form of cocoa marketing chanels, cocoa marketing margirn, share prices obtained by farmers, and the level of cocoa marketing efficiency in Sausu Pakareme Village. This research was carried from April to June 2019. Respondents were 29 farmers, determined using the Simple Random Sampling method. The type of farming research was Cocoa farming. This study uses marketin analysis to calculate margins, efficiency leverls and share prices obtained by farmers. The results of this study indicate a margin of the first marketingchannel of Rp7.000, efficiency value 2,82%, the share of the price obtained by farmers amounted to 78,12%, and on the second channel, marketing margins Rp5.500 with a level of efficiency 2,37% and price obtained by farmers 82,81%. Keywords: Cocoa, Marketing, Farming. ABSTRAK Desa Sausu Pakareme merupakan salah satu daerah penghasil biji kakao di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Usahatani kakao merupakan salah satu sumber pendapatan petani. Keberlanjutan usaha tersebut harus dijaga untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani dengan cara mempertahankan atau bahkan meningkatkan produksi yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran kakao,margin pemasaran kakao,bagian harga yang diperoleh petani, dan tingkat efisiensi pemasaran kakao di Desa Sausu Pakareme. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai Juni 2019. Responden sebanyak 29 petani, ditentukan menggunakan metode Simple Random Sampling.Jenis usahatani yang diteliti adalah usahatani kakao.Penelitian ini menggunakan analisis pemasaran untuk menghitung margin, tingkat efisiensi dan bagian harga yang diperoleh petani.Hasil penelitian menunjukan margin pada saluran pemasaran pertama Rp7.000 , nilai efisiensi 2,82?gian garga yang diperoleh petani sebesar 78,12%,dan pada saluran kedua margin pemasaran yaitu Rp5.500 dengan tingkat efisiensi 2,37?n harga yang diperoleh petani sebesar 82,81%. Kata Kunci :Kakao,Pemasaran, Usahatani.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up