Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemasaran Usaha Kopra Di Desa Bantuga Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una
Nama: AKRAM F.LAMADJIDO
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pemasaran kopra dari Desa Bantuga Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una sampai ke tangan Konsumen. Penelitian ini dilakukan di Desa Bantuga Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una dari Bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Penentuan Responden dilakukan dengan Metode Acak Sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah Responden 32 orang Produsen (Petani) dan pengambilan Responden pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing Sampling) sehingga diperoleh sebanyak 1 orang pedagang pengumpul, dan 2 orang pedagang Besar. Hasil Analisis Pemasaran menunjukan bahwa Saluran Pemasaran Usaha Kopra di Desa Bantuga melalui 2 saluran pemasaran, yaitu : (1) petani-pedagang pengumpul-pedagang Besar-Konsumen dan (2) Petani-Pedagang Besar-Konsumen. Hasil analisis pemasaran Usaha Kopra pada Saluran Pertama yaitu : Mt=Rp 3.000/Kg dan margin pada saluran kedua yaitu : Mt=Rp 2.500/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu : 53,8?n untuk saluran kedua yaitu : 60,7%. Sehingga petani dianjurkan untuk menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi Saluran pertaman sebesar 9,6?n untuk saluran kedua sebesar 5,6%, sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama. Kata kunci : Margin, Harga, Efisiensi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up