Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH NAGA DI PASAR MODERN KOTA PALU
Nama: MURSYID IBNU KASIM.MZ
Tahun: 2022
Abstrak
Pengembangan buah naga di Sulawesi Tengah masih sedikit, namun seiring berjalannya waktu harga dan permintaan buah naga yang semakin tinggi, perawatan buah naga juga relatif mudah dan usia penen yang singkat membuat para petani tertarik mengembangkannya di pasar modern. Adapun hal yang diduga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli buah naga itu sendiri ialah harga buah naga, pendapatan konsumen, jumlah tanggungan keluarga dan umur yang merupakan variabel-variabel berpengaruh terhadap permintaan buah naga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor harga, pendapatan, jumlah tanggungan dan umur dapat memengaruhi permintaan buah naga di pasar modern Kota Palu. Penelitian dilaksanakan di Pasar Modern Kota Paluyang bertempat di Transmart Carrefour Jl. Jendral sudirman, Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (Purpossive), dengan pertimbangan bahwa pasar ini merupakan pasar modern yang menyediakan buah naga di kota Palu. Penelitian ini akan dilaksanaan pada bulan Juli sampai Agustus 2020. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis mengenai Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah Naga di Pasar Modern Kota Palu secara simultan (Uji F) nilai Fhitung (1795,079) > Ftabel (2,71) yang artinya semua variable secara berama-sama yaitu harga buah naga (X1), pendapatan (X2), jumlah tanggungan keluarga (X3) dan umur (X4) bepengaruh nyata secara signifikan terhadap permintaan buah naga. Secara parsial (Uji t) harga buah naga (X1) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (55,990) > ttabel (1,724), variabel pendapatan (X2) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (2,662) > ttabel (1,724), variabel Jumlah tanggungan keluarga (X3) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (3,416) > ttabel (1,724), variabel umur (X4) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (-2,882) > ttabel (-1,724).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up