JudulANALISIS PEMASARAN BIJI KAKAO DI DESA LETAWA KECAMATAN SARJO KABUPATEN MAMUJU UTARA |
Nama: Hajrah |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kakao, margin, bagian harga yang diterima oleh petani, dan efisiensi pemasaran kakao. Permasalahan pemasaran yang ada di desa letawa ada dua yaitu perbedaan harga dan juga saluran pemasarannya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif (deskriptif) digunakan untuk mengetahui keragaman pasar berdasarkan saluran pemasaran yang ditunjang oleh informasi data dan hasil pengamatan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua bentuk saluran pemasaran kakao yang terdapat di Desa Letawa yaitu: 1) petani menjual kakao kepada pedagang pengumpul, dari pedagang pengumpul kakao diteruskan ke pedagang besar, 2) petani menjual produknya ke pedagang pengumpul kemudian pedagang pengumpul menjual kakaonya langsung ke konsumen akhir yang ada di kota Palu. Margin pemasaran kakao untuk saluran pertama Rp 15.000 dan margin pemasaran kakao untuk saluran ke dua sebesar Rp 4.000. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama pemasaran kakao sebesar 62,50% sedangkan bagian harga yang diterima disaluran kedua sebesar 87,10%, sehingga petani dianjurkan menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 2,28% untuk saluran kedua sebesar 1,07%. Sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Kata Kunci : Pemasaran Kakao, Margin, EfisiensiPemasaran Kakao |