JudulANALISIS RANTAI PASOKAN BERAS PADA PENGGILINGAN PADI LOKAKARYA DI DESA DOLAGO PADANG KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: Andika Primasatya |
Tahun: 2019 |
Abstrak Andika Primasatya, E 321 12 091. Analisis Rantai Pasokan Beras Pada Penggilingan Padi Lokakarya Di Desa Dolago Padang Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong (dibimbing oleh Yulianti Kalaba dan Sulaeman, 2019) Beras mempunyai peran yang strategis dalam memantapkan ketahanan pangan, ketahanan ekonomi dan ketahanan atau stabilitas politik nasional. Pada saat ini debat publik selalu muncul ketika harga beras melonjak atau harga gabah turun drastis. Sebagian besar masyarakat masih tetap menghendaki adanya pasokan dan harga beras yang stabil, tersedia sepanjang waktu, terdistribusi secara merata dan dengan harga yang terjangkau. Kondisi ini menunjukkan bahwa beras masih menjadi komoditas strategis secara politis Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui aliran rantai pasokan beras di Desa Dolago Padang dan manfaatnya. Metode penentuan penelitian dilakukan secara sengaja purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Analisis data deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (Penggilingan beras Lokakarya telah melakukan sistem kegiatan rantai pasok beras. Terdapat tiga aliran dalam rantai pasok, Aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi beras. Aliran produk rantai pasok beras terbentuk dari petani padi sawah, selanjutnya mengalir ke penggilingan beras, dari penggilingan beras ke pedagang besar dan, selanjutnya dari pedagang besar ke pedagang pengecer, dari pedagan pengecer kepada konsumen. aliran keuangan, setiap mata rantai membayar tunai, untuk penyewaan penggilingan pembagian hasil 10 %, dan aliran komunikasi vertikal pada rantai pasok beras di desa Dolago terjadi pada antar petani, penggilingan beras, antar Penggilinagn beras dan Pedagang besar, konsumen, antar pedagang besar dan pedagang Pengecer, antar Pedagang pengecer dan konsumen). |