Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFISIENSI PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH
Nama: HIJRIANTI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Hijrianti (E20220012). Efisiensi Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (dibawah bimbingan Suharno dan Yudi, 2022) Pemasaran merupakan proses akhir dari suatu aktivitas produksi yang bertujuan untuk memperoleh nilai harga dari barang produksi guna melanjutkan usaha dikemudian hari dan menciptakan kesejahteraan para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ternak sapi potong di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Hewan Kecamatan Ulujadi dan Pasar Hewan Kecamatan Tawaeli selama 3 bulan, dari bulan Maret hingga Mei 2022. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey lapangan dengan instrument pendukung berupa kuisioner. Pengambilan sampel dilakukan secara Snomball Sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menemukan informan kunci. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 saluran pemasaran sapi potong di Kota Palu.. Saluran pemasaran I, II, III dan IV tergolong efisien, hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran sapi potong di Kota Palu yang menunujukkan bahwa saluran pemasaran I yaitu 0,96%, saluran pemasaran II yaitu 1,77%, saluran pemasaran III yaitu 2,10%, saluran pemasaran IV yaitu 3,45%. Sedangkan saluran pemasaran sapi potong di Kota Palu yang tidak efisien adalah saluran pemasaran V karena nilai efisiensi pemasarannya lebih dari 5% yaitu 8,49%. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran sapi potong di Kota Palu yaitu umur (X1) dan lama usaha (X2), dimana hasil pengujian secara simultan (bersama-sama) X1 dan X2 terhadap Y maka secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pemasaran dan jika diuji untuk masing-masing variabel maka didapatkan hasil bahwa faktor umur (X1) dan lama usaha (X2) masing-masing berpengaruh sangat nyata terhadap efisiensi pemasaran (Y). Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efisiensi Pemasaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up