JudulEFISIENSI PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN SIGI SULAWESI TENGAH |
Nama: NINING RISKYA AGUSU |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nining Riskya Agusu (E 202 17 032) Efisiensi Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (dibawah bimbing Suharno dan Haerani, 2019) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran sapi potong di Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilakukan di Pasar Hewan Biromaru dan Pasar Hewan Maranatha di Kabupaten Sigi selama 3 bulan, dari bulan Maret hingga Mei 2019. Penelitian ini menggunakan desain metode sensus. Desain adalah cara untuk melihat dan melakukan pengamatan langsung di lapangan mengenai ternak yang akan dipasarkan oleh pelaku usaha. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, menggambarkan saluran pemasaran untuk sapi potong, margin dan manfaat dari masing-masing agen pemasaran. Formula efisiensi adalah EP = BP/NPx 100%. Margin untuk setiap saluran pemasaran = Mt = M1 + M2 ... Mn dan Efisiensi MP = Pr – Pf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran di Kabupaten Sigi efisien dari pola saluran pemasaran I = 0,023, II = 0016 dan III = 0,007. Jika EP adalah 0-5% maka saluran pemasaran dikatakan efisien, sedangkan EP lebih besar dari 5% maka saluran pemasaran kurang efisien. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran adalah margin dan biaya pemasaran serta jumlah lembaga pemasaran terkait. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran dan Efisiensi |