JudulPEMENUHAN HAK KONSTITUSIONAL SISWA MELALUI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 6 PALU) |
Nama: ASRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pendidikan merupakan salah satu hak yang paling asasi yang dimiliki oleh setiap orang yang diatur dalam UUD Tahun 1945. Oleh karena itu, setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan hak konstitusionalnya di sekolah tempat ia menempuh Pendidikan. Minimnya kesadaran berkonstitusi di Indonesia, ditengarai karena kurangnya pengetahuan maupun kesadaran hak konstitusional siswa itu sendiri. Kesadaran akan hak-hak konstitusional menjadi poin yang penting dalam membangun bangsa Indonesia kearah yang lebih baik. Pengenalan hak-hak konstitusional di sekolah, dirasa efektif khususnya bagi para siswa. Hal ini dikarenakan anak setiap hari berinteraksi dan mendapat ilmu pengetahuan di sekolah. Pelaksanaan proses belajar mengajar bertumpu pada siswa. Dalam tulisan ini akan membedah mengenai kewajiban Negara dalam pemenuhan Hak Konstitusional Siswa melalui Kurikulum Merdeka Belajar dan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka mendukung penerapan Hak Konstitusional siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemenuhan hak konstitusional siswa melalui penerapan kurikulum merdeka belajar. Dan mengetahui kurikulum merdeka belajar yang di terapkan sesuai dengan Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945. Penulis menggunakan Metode Penelitian Normatif, dengan menggunakan pendekatan perundangundangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pemenuhan hak konstitusional terhadap pendidikan dijamin di dalam UUD NKRI Tahun 1945. Setiap orang berhak memperoleh pendidikan yang sama sesuai dengan hak konstitusionalnya. Penerapan kurikulum merdeka dirasakan manfaatnya, merdeka belajar bukan berarti bebas untuk mau belajar atau tidak belajar. Merdeka belajar bermakna kemerdekaan dalam berpikir. Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya yang disesuaikan dengan minat dan bakat individu tanpa adanya beban, stres, maupun tekanan dari pihak manapun. Implementasi kurikulum merdeka terhadap pemenuhan hak konstitusional siswa sudah dilaksanakan dan dirasa berdampak langsung pada kesiapan siswa baik secara hard skills maupun soft skills para siswa Kata Kunci: Pemenuhan Hak Konstitusional Siswa, Kurikulum Merdeka Belajar |