Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulOPTIMALISASI PENGAWASAN OMBUDSMAN PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA PALU
Nama: ANDI DEWI NURHALISA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK ANDI DEWI NURHALISA, D 102 19 002 , Optimalisasi Pengawasan Ombudsman dalam Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu (dibimbing oleh Bapak Dr. H. Idham Chalid SH, MH dan Bapak Dr. Rahmat Bakri SH, MH ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fungsi Ombudsman dalam mengawasi Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu dan untuk mengetahui tindak lanjut Rekomendasi Ombudsman dalam upaya peningkatan Pelayanan Publik di Kota Palu. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dengan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dengan mewawancarai Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dalam mengawasi pelayanan publik bidang Pendidikan di Kota Palu yaitu melakukan (1) Upaya pencegahan maladministrasi di bidang pendidikan berupa pemberdayaan masyarakat melalui bentuk sosialisasi, talk show, dialog interaktif, sarasehan, kuliah umum dan lainnya serta melakukan kegiatan investigasi. (2). Pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dalam mengawasi Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu melalui kegiatan maupun aktifitas rutin yaitu sidak, reaksi cepat ,dan hak Inisiatif . Dan tindak lanjut rekomendasi Ombudsman dalam upaya peningkatan pelayanan publik bidang Pendidikan di Kota Palu yang bertujuan untuk memberikan kepastian terhadap status laporan yaitu ada beberapa klasifikasi berupa (1) Tidak memenuhi syarat formil, (2) Pelapor mencabut laporan, (3) Tidak berwenang, (4) Klarifikasi, (5) investigasi, (6) Saran, dan (7) Rekomendasi Kata Kunci : Optimalisasi, Pengawasan, Pelayanan Publik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up