Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTanggung Jawab Pengangkut Terhadap Fasilitas Pelayanan Penumpang Disabilitas Dalam Pengangkutan Udara Niaga Terjadwal
Nama: IDA AYU WIDYASTUTI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ida Ayu Widyastuti, D10121136, Tanggung Jawab Pengangkut Menyediakan Fasilitas Pelayanan Penumpang Disabilitas Dalam Pengangkutan Udara Niaga Terjadwal, dibimbing oleh Dr. Syamsuddin Baco dan Marini Citra Dewi. Pengadaan aksesibilitas yang memadai tentunya akan membantu penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitasnya secara mandiri dan menjauhkan penyandang disabilitas dari tindakan diskriminasi sosial. Beberapa peraturan perundang-undangan bahkan telah diintegrasikan dengan pemenuhan hak atas akomodasi dan hak atas fasilitas publik sebagai bentuk hak aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya aksesibilitas di bidang pelayanan transportasi publik. Namun tetap saja masih ada maskapai penerbangan yang memberikan perlakuan diskriminasi kepada penumpang penyandang disabilitas. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian hukum normatif, yaitu meneliti bahan pustaka atau sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian menemukan bahwa hak penumpang disabilitas dalam angkutan udara niaga terjadwal adalah mendapatkan pelayanan yang layak, mendapatkan bantuan untuk naik, turun, dan menyambung penerbangan serta mendapatkan bantuan akomodasi tempat duduk. Sedangkan kewajiban pengangkut adalah menyediakan bantuan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penumpang disabilitas. Tanggung jawab yang harus dilakukan oleh maskapai penerbangan atas perbuatan diskriminasi dan lalai dalam penyediaan fasilitasi adalah berupa ganti kerugian yang dialami penumpang disabilitas baik kerugian materil maupun kerugian immaterial. Kata Kunci : Disabilitas, Pengangkutan Udara, Tanggungjawab

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up