Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS TANGGUNG JAWAB JASA EKSPEDISI J&T EXPRESS TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN
Nama: RAHMADANA
Tahun: 2025
Abstrak
Rahmadana, D 101 21 130, Analisis Tanggung Jawab Jasa Ekspedisi J&T Express Terhadap Kerugian Konsumen, Tahun 2025, Pembimbing I: Prof. Dr. Sutarman Yodo, S.H., M.H, Pembimbing II: Mohammad Saleh, S.H., M.H. Industri jasa ekspedisi diera digital memegang peranan penting dalam menunjang aktivitas perdagangan, khususnya di sektor e-commerce. J&T Express merupakan salah satu perusahaan pengiriman yang dipercaya karena kemampuannya mengantarkan barang dengan cepat dan efisien. Meski demikian, dibalik kemudahan layanan tersebut, masih sering muncul masalah seperti keterlambatan, kerusakan, bahkan kehilangan paket yang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Kantor J&T Express Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, dengan mengkaji dua permasalahan utama yaitu: (1) Bagaimana tanggung jawab J&T Express terhadap kerugian konsumen akibat kelalaian kurir? (2) Bagaimana upaya J&T Express dalam menjaga kualitas layanan untuk meminimalisir kerugian konsumen?. Dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu:(1) Untuk menganalisis tanggung jawab J&T Express terhadap kerugian konsumen akibat kelalaian kurir (2) Untuk mengidentifikasi upaya J&T Express dalam menjaga kualitas layanan agar meminimalisir kerugian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Yuridis empiris. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) J&T Express tetap bertanggung jawab atas kerugian konsumen dengan memberikan ganti rugi melalui mekanisme prosedur klaim, namun terdapat pembagian tanggung jawab. Kerugian saat pengantaran menjadi tanggung jawab kurir mitra secara pribadi, sedangkan kerugian yang terjadi di Kantor atau gudang menjadi tanggung jawab perusahaan. (2) Upaya J&T Express dalam meminimalisir kerugian konsumen melalui penerapan standar operasional ketat, pemanfaatan teknologi pelacakan real-time, peningkatan layanan pelanggan, evaluasi kinerja kurir dan staf, serta menyediakan layanan asuransi dan prosedur klaim. Dengan demikian, upaya menjaga kualitas layanan tidak hanya menjadi bentuk tanggung jawab operasional, tetapi juga kewajiban yang harus dijalankan secara konsisten demi melindungi hak-hak konsumen. Kata kunci: Tanggung Jawab Hukum, Jasa Ekpedisi, Kerugian konsumen, dan Perlindungan Konsumen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up