JudulEFEKTIVITAS DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI ANAK SEBAGAI ALTERNATIF HUKUMAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK |
Nama: FAHIZAH AZAHRIH R.J TAHUDI |
Tahun: 2025 |
Abstrak FAHIZAH AZAHRIH R.J TAHUDI D10121101, Efektivitas Dalam Pendidikan Dan Pelatihan Bagi Anak Sebagai Alternatif Hukuman Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak, Pembimbing I : Syachdin Pembimbing II : Awaliah Pendidikan dan pelatihan bagi anak yang berhadapan dengan hukum merupakan aspek penting dalam sistem peradilan pidana anak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sebagai alternatif hukuman serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris dengan analisis kualitatif terhadap regulasi hukum, literatur, dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan di LPKA memiliki fungsi strategis dalam membekali anak dengan keterampilan serta nilai-nilai positif guna mencegah residivisme dan meningkatkan peluang reintegrasi sosial mereka. Namun, berbagai hambatan masih dihadapi, termasuk keterbatasan pengajar, fasilitas yang belum memadai, kendala dalam menghubungi keluarga anak binaan yang sulit dijangkau atau sudah tidak ada, serta kurangnya partisipasi anak binaan akibat rendahnya kesadaran dan motivasi belajar. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang lebih komprehensif serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan keluarga, untuk meningkatkan efektivitas pendidikan dan pelatihan di LPKA. Kata Kunci : Anak Berhadapan dengan Hukum, Efektivitas, Pelatihan, Pendidikan, Sistem Peradilan Pidana Anak. |