JudulPEMENUHAN HAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN BAGI ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II PALU |
Nama: ULFA JAYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penulisan ini penulis membahas pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak binaan di LPKA Kelas II Palu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pendidikan merupakan salah satu hak anak binaan yang harus di berikan negara kepada anak binaan di LPKA Kelas II Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak binaan di LPKA Kelas II Palu. 2) Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak binaan di LPKA Kelas II Palu. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak binaan yang diberikan oleh LPKA Palu sudah berjalan sesuai dengan undang-undang yang berlaku tetapi belum optimal, pemenuhan hak Pendidikan tersebut diantaranya pendidikan formal dan pendidikan non formal, pendidikan non formal diantaranya paket A setara SD, paket B setara SMP, paket C setara SMA. Kendala dalam pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak binaan adalah kurangnya fasilitas sarana dan prasarana di LPKA Palu terutama ruang pembelajaran sehingga jika anak binaan masuk kelas secara bersamaan maka ruang kelas dibagi beberapa kelompok. Kata kunci : Anak Binaan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Hak Pendidikan |