Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI AIR MINUM ISI ULANG DI KOTA PARIGI
Nama: MUHAMMAD SYAUKI ARAFAT
Tahun: 2025
Abstrak
Muhammad Syauki Arafat, D 101 20 111, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Mengkonsumsi Air Minum Isi Ulang Di Kota Parigi, Pembimbing I: Sutarman Yodo, Pembimbing II: Sulwan Pusadan. Semakin menjamurnya usaha air minum isi ulang semakin memperbesar peluang terjadinya pelanggaran oleh pelaku usaha pada industri tersebut. Kasus Depot Air Minum yang tidak sesuai dengan standar kesehatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku semakin meningkat termaksud di Kota Parigi. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya media massa dan penelitian yang mengangkat mengenai masalah tersebut. Permasalahan mengenai depot air minum ini berkaitan erat dengan hukum perlindungan konsumen karena masyarakat sebagai konsumen merupakan pihak yang harus diperhatikan hak-haknya oleh pelaku usaha depot air minum. Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap kosumen air minum isi ulang di Kota Parigi dan bagaimana tanggung jawab para pihak yang terlibat atas penyelenggaraan air minum isi ulang di Kota Parigi. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif-empiris. Berdasarkan permasalahan yang diangkat dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelindungan hukum terhadap konsumen air minum isi ulang di Kota Parigi belum terlaksana dengan baik karena hak-hak Konsumen sebagaimana diatur dalam Pasal 4 dan kewajiban pelaku usaha dalam pasal 7 Undang-Undang Perlindungan Konsumen belum sepenuhnya terpenuhi. Tanggung jawab para pihak yang terlibat atas pengelolaan air minum isi ulang sudah diatur cukup baik dalam peraturan perundang. Namun, implementasinya di masyarakat masih jauh dari harapan. Masih banyak pihak DAM yang belum mengetahui tanggung jawabnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kurangnya pembinaan tentang higiene sanitasi dan terdapat kekosongan hukum yang mengatur sanksi atas kelalaiannya dalam memenuhi tanggung jawab sebagai salah faktor penyebabnya. Kata Kunci : Depot Air Minum, Perlindungan Konsumen, Perizinan Berusaha

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up