JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Publik Di Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu |
Nama: NUR HALIMAH SA'ADIAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memahami standar pelayanan pembuatan Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan untuk memahami faktor apa saja yang menjadi hambatan dan pendukung dalam pelaksanaan pembuatan Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian hukum normatif. Dengan demikian objek yang dianalisis dengan pendekatan yang bersifat kualitatif adalah metode penelitian yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam Peraturan perundang-undangan. Jenis dan sumber data yang digunakan penulis untuk melakukan penelitian ini yaitu, data sekunder yang terbagi menjadi tiga : Bahan hukum primer, Bahan hukum Sekunder, bahan hukum Tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Dalam mengetahui kualitas pelayanan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan di kantor kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu, dapat di lihat berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan : Bukti Langsung (Tangible), Kehandalan (Realiability), Daya tanggap ( Responsiviness) , Jaminan(Assurance), dan Empati (empathy). (2). Faktor penghambat dan pelaksanaan pembuatan Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP) di kantor kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu yaitu di tandai dengan menunggu waktu yang lama pada saat penerbitan Kartu Tanda penduduk Elektronik (E-KTP) dan faktor pendukung yaitu pegawai kelurahan dalam pelayanan Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP) yang menampilkan performa kerja terbaik dalam memberikan pelayanan pembuatan Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP) yang berkualitas. |