Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengawasan Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tengah Dalam Menangani Maladministrasi Di Daerah Kota Palu
Nama: SHERINA DIAH FITRIAH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK “Pengawasan Ombudsman Dalam Menangani Maladministrasi Di Kota Palu Sulawesi Tengah” Sherina Diah Fitriah, No Stambuk D 101 18 353, Pembimbing I : Dr. H. Abdul Rasyid Thalib, SH., MH. Pembimbing II : Dr. Gunawan Arifin, SH., MH. Maladministrasi mengacu pada tindakan yang tidak profesional atau tidak bermoral dari pihak penyelenggaraan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah sebagai lembaga pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dalam menangani maladministrasi khususnya di daerah Kota Palu dimana dalam hal ini Ombudsman memiliki peranan penting dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Pengawasan ombudsman terhadap penyelenggaraan negara merupakan bentuk pengawasan eksternal dan bersifat represif karena pengawasan tersebut dilakukan oleh lembaga diluar lembaga atau organ pemerintahan yang diawasi. Pengawasan dilakukan oleh Ombudsman, dipicu oleh pengaduan dari masyarakat mengenai tindakan maladministrasi yang dilakukan oleh pejabat publik dalam pelaksanaan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dalam bentuk penelitian eksploratif dan hasil dari penelitian ini mengetahui bahwa pengawasan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah di daerah Kota Palu masih kurang efektif karna adanya faktor-faktor penghambat yang menjadi kendala berjalannya tugas dan fungsi Ombudsman yaitu karena faktor geografis, faktor sosial - budaya sikap dan kultur masyarakat kota palu, faktor kurangnnya personil asisten ORI Sulteng, faktor anggaran, juga karena masih banyak masyarakat yang belum mengenal dan mengetahui apa itu Ombudsman Republik Indonesia. Kata Kunci : Pengawasan, Ombudsman, Maladministrasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up