Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTINJAUAN PROSEDUR KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PT ASURANSI JASA INDONESIA (JASINDO) KANTOR PEMASARAN KOTA PALU
Nama: MUH. YUSRIL RABBIE
Tahun: 2025
Abstrak
Muh. Yusril Rabbie, D10118146, Tinjauan Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor PT Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO) Kantor Pemasaran Kota Palu Di Bimbing Oleh Bapak Suarlan Datupalinge, Dan Ibu Aifan. Klaim asuransi merupakan proses penting dalam industri asuransi, yang memastikan bahwa tertanggung mendapatkan kompensasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam polis asuransi mereka. Namun, meskipun pentingnya klaim asuransi, masih ada kebingungan dan ketidak jelasan di kalangan tertanggung terkait prosedur klaim, yang dapat menghambat proses klaim yang lancar dan efisien. Rumusan masalah yang penulis gunakan adalah bagaimana prosedur pengajuan klaim asuransi kendaraan bermotor dan bagaimana proses pengambilan keputusan klaim di PT Asuransi JASINDO Kantor Pemasaran Kota Palu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara klaim dan tahapan pengambilan keputusan klaim di PT Asuransi JASINDO Kantor Pemasaran Kota Palu. Metode penelitian yang di gunakan penulis adalah yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang di gunakan melalui wawancara mendalam dengan manajemen dan staf PT Asuransi JASINDO Kantor Pemasaran Kota Palu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor PT Asuransi JASINDO Kantor Pemasaran Kota Palu dalam tahapan prosedur sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan tahapan yaitu pelaporan tertanggung dapat melaporkan kepada penanggung, bengkel yang ditunjuk atau menghubungi agen asuransi. Proses pengambilan keputusan klaim asuransi kendaraan bermotor di PT Asuransi JASINDO Kantor Pemasaran Kota Palu dilakukan beberapa tahap, yaitu perusahaan menerima berkas pengajuan klaim dari tertanggung, data yang diterima dimasukkan kedalam sistem CAC (Claim Administrasi Center). Kemudian dilakukan pemeriksaan bukti penutupan berupa polis, endorsement, bukti pembayaran premi, mengisi form klaim dan verivikasi klaim. Kemudian data yang telah terkumpul apabila sesuai maka akan dibuatkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk di bawa ke bengkel rekanan perusahaan, Lalu staf klaim menerima kwitansi dan surat pernyataan puas dari tertanggung apabila kendaraan sudah di perbaiki. Kata kunci: klaim, asuransi kendaraan bermotor, jasindo

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up