Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEDUDUKAN DAN TANGGUNG JAWAB HUKUM ENDORSER DALAM PROMOSI BARANG PADA SISTEM JUAL BELI ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM PERJANJIAN
Nama: AMANAH IKRASARI
Tahun: 2022
Abstrak
Persaingan para pelaku usaha mendorong online shop sebagai pelaku bisnis melakukan promosi barang dagangannya melalui jasa endorser dalam perjanjian endorsement. Dalam pelaksanaannya sering kali online shop berada pada pihak yang dirugikan, terutama karena hubungan kontrak yang terbuat dalam bentuk baku oleh endorser dan membuat kedudukan para pihak meniadi tidak seimbang. Atas dasar itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan endorser dalam melakukan promosi (endorsement) atas barang dagangan milik online shop dan untuk mengetahui tanggung jawab endorser jika teriadi kesalahan dalam kegiatan promosi (endorsement). Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konsep (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kedudukan endorser dalam endorsement atas barang yang diperdagangkan oleh pihak online shop di dalam kontrak baku yang berlaku diantara para pihak, menempatkan kedudukan yang lebih kuat kepada pihak endorser dibanding online shop. Kedudukan yang tidak seimbang tersebut, tidak jarang dimanfaatkan oleh endorser untuk memperoleh keuntungan dari online shop. Adapun pertanggungjawaban endorser dalam kegiatan endorsement yang merugikan pihak online shop, dapat berupa pertanggungiawaban melakukan prestasi yang disertai ganti rug berupa refund biaya endorse, atau tanggungjawab mengembalikan semua biaya endorsement kepada pihak online shop. Kata Kunci: Kedudukan Endorser, Tanggung Jawab, dan Promosi Barang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up