Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTANGGUNG JAWAB JASA PENGANGKUTAN BARANG TERHADAP HILANG/RUSAKNYA BARANG MELALUI JALUR DARAT (Studi Kasus Pada P. O New Liman Kota Palu)
Nama: DJULHIJJAH
Tahun: 2022
Abstrak
Fokus penelitian ini adalah kesalahan atau kelalaian yang dilakukan oleh pihak agen dalam jasa pengangkutan, perusahaan atau layanan jasa yang bergerak di bidang pemberian layanan untuk mengirimkan barang dari satu tempat ketempat lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk tanggung jawab dari pihak perusahaan jasa pengangkutan P.O new Liman Kota Palu terhadap barang konsumen yang hilang/ rusak pada saat pengiriman. Metode penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada dasarnya jasa pengangkutan P. O new Liman Kota Palu tidak bertanggung jawab sebagaimana mestinya, karena pada resiko kehilangan pada barang konsumen mereka hanya memberikan 5 ?ri kerugian yang diderita konsumen bahkan dari pihak konsumen juga sudah melakukan banyak negoisasi dengan menyelesaikan secara baik-baik, akan tetapi tidak mendapatkan respon yang baik dari pihak agen dan juga dari pihak agen pengangkutan barang mereka merek masih belum bijak dalam menangani permasalahan yang dialami oleh konsumen. Dalam upaya penyelesaian sengketa pihak agen P. O new Liman Kota Palu terhadap konsumen yaitu dengan melakukan musyawarah dan bernegosiasi kembali, dalam hal ini konsumen bisa memberikan pembuktian dengan menunjukkan semua bukti kepada pihak agen agar dalam penyelesaian tersebut pihak agen wajib mengganti kerugian dengan memberikan sejumlah uang dengan nominal yang sudah disepakati bersama antara pihak pengangkut dan pengirim sehingga pihak konsumen juga mendapatkan hak nya atas kerugian yang mereka alami yang diakibatkan oleh pihak agen P. O n New Liman Kota Palu. Kata kunci : agen pengangkutan barang, konsumen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up