Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTINJAUAN YURIDIS TERHADAP TRANSAKSI PERBANKAN MELALUI INTERNET BANKING DI BRI CABANG PALU
Nama: FADILLAH MASSA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Fadillah Massa, D 101 17 568, Tinjauan Yuridis Terhadap Transaksi Perbankan Melalui Internet Banking Di Bank Rakyat Indonesia Cabang Palu, Pembimbing : Nasrum, S.H., M.H Internet banking adalah suatu layanan produk dan jasa perbankan yang menggunakan kecanggihan teknologi internet, dimana nasabah penggunanya dapat melakukan kegiatan perbankan (pembayaran, pembelian, transfer dana, dan lain-lain) dengan lebih mudah, fleksibel, dan efisien. namun di sisi lain mengandung risiko yang dapat menyebabkan kerugian bagi nasabah. Sehubungan dengan hal tersebut, perlindungan terhadap nasabah pengguna internet banking diperlukan dalam rangka melindungi hak-hak nasabah selaku konsumen jasa perbankan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bentuk perlindungan hukum terhadap kemanan data pribadi nasabah dalam transaksi perbankan melalui internet banking di BRI Palu, serta untuk mengetahui upaya hukum apa saja yang dapat dilakukan oleh nasabah jika data pribadi nasabah BRI palu dalam transaksi perbankan melalui internet banking tidak terlindungi. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis empiris, yaitu metode penelitian secara umum dimana terdapat ketentuan peraturan perundang- undangan yang kemudian dikaitkan dengan kenyataan yang ada dilapangan. Hasil dan kesimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan perlindungan terhadap keamanan data pribadi nasabah dalam transaksi perbankan melalui internet banking di BRI Cabang Palu yaitu dengan membuat beberapa kebijakan yaitu kebijakan privasi dan kebijakan keamanan seperti menjaga secara rahasia data pribadi nasabah, menggunakan aplikasi yang sulit di lacak oleh siapapun, memberikan informasi kepada nasabah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko yang terjadi dalam layanan internet banking seperti menjaga kerahasiaan user ID dan Password, dan menghubungi call center bank BRI Palu apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan. Adapun upaya hukum yang dapat dilakukan nasabah melewati langkah-langkah sebagai berikut: nasabah dapat melakukan langkah pertama yaitu dengan melakukan pengaduan ke pihak bank dalam pelayanan pengaduan nasabah. Langkah kedua yang dilakukan adalah dengan menggunakan upaya mediasi. Dalam hal ini upaya mediasi telah disediakan oleh pihak perbankan. Kata kunci : Transaksi, Perbankan, Internet Banking

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up