JudulPelaksanaan Pemenuhan Hak Narapidana Dalam Memperoleh Pendididkan Dan Pengajaran (studi Kasus Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu) |
Nama: OSCAR BRIAN BANSAGA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Oscar Brian Bansaga, D 101 17 138, Pelaksanaan Pemenuhan Hak Narapidana Dalam Memperoleh Pendidikan Dan Pengajaran (Studi Kasus Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu), Pembimbing I: H. Amirudin Hanafi, Pembimbing II: Vivi Nur Qalbi. Penelitian ini membahas peran lembaga pemasyarakan (Lapas) dalam memastikan pemenuhan hak pendidikan bagi narapidana, dengan berfokus pada hak pendidikan di Lapas kelas IIA palu. Lapas Palu telah menunjukan komitmen yang kuat dalam menyelenggarakan program pendidikan rutin setiap senin,kamis dan sabtu, melibatkan tenaga pendidik dari dinas pendidikan dan lapas sendiri. Proses pembelajaran mengikuti lembaga pendidikan (SD,SMP,SMA) dan memberikan kesempatan bagi narapidana untuk meraih surat tanda tamat belajar (STTB) dan ijazah sesuai dengan paket pendidikan yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya Lapas Palu dalam memberikan akses pendidikan yang layak bagi narapidana melalui program pendidikan.lingkungan pendidikan yang mendukung, fasilitas yang memadai, serta motivasi yang menjadi faktor kunci dalam mendukung rehabilitasi dan integrasi social narapidana ke masyarakat. Rekomendasi penelitian ini mencangkup peningkatan kerjasama antara Lapas Kelas IIA Palu dengan dinas pendidikan guna meningkatkan jumlah tenaga pendidik dan memperluas program pendidikan tambahan seperti olahraga, keterampilan dan kerajinan yang relevan. Identifikasi dan penanganan hambatan internal, seperti keterbatan alokasi anggaran ,motivasi dan data pribadi narapidana terkait pendidikan, perlu menjadi perhatian utama lapas kelas IIA Palu.strategi yang terencana dan berkelanjutan diperlukan untuk memastikan pemenuhan hak pendidikan narapidana secara efektif dan berkesinambungan dalam konteks rehabilitasi sosial. Kata Kunci : Hak Narapidana, Pendidikan dan Pengajaran, Lembaga Pemasyarakatan |