Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulASPEK HUKUM ADMINISTRASI TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI PUSKESMAS TALISE DI KOTA PALU BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN
Nama: YUNI DAMAYANTI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Yuni Damayanti S.Hasyim, D 101 16 730, Aspek Hukum Administrasi Terhadap Pelayanan Keesehatan Dasar Di Puskesmas Talise Di Kota Palu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehata, Pembimbing : DR. Abdul Rasyid Thalib, SH., M.Hum., Pengetahuan masyarakat yang semakin meningkat berpengaruh terhadap meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan, sehingga kualitas pelayanan yang dilaksanakan dapat dinilai sebagai indikator baik atau buruknya kualitas pelayanan. Pelayanan kesehatan dasar di puskesmas merupakan hal yang penting dan harus dijaga maupun dtingkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku. Permasalahan dalam penulisan ini adalah : (1)bagaimana peran hukum dalam memberikan perlindungan bagi pasien atas pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan ?(2)bagaimana pertanggung jawaban puskesmas talise atas pelayanan kesehatan dasar yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan pada lapisan ilmu dogmatik hukum yang konsepnya adalah technish juridisch begrippen, eksplanasinya teknis yuridis, sifat keilmuannya normatif. Kesimpulannya bahwa layanan kesehatan promotif dan prefentif di puskesmas talise sudah maksimal tetapi harus lebih extra lagi dalam melakukan upaya layanan promosi kesehatan dan penyuluhan kepada masyarakat begitupun masyarakat harus lebih berperan aktif dan berpartisipasi terhadap pelaksanaan kesehatan seperti menjaga kebersihan lingkungan dan menajaga pola hidup sehat mulai dari memerhatikan kebersihan air, sering berolahraga agar dapat membantu mewujudkan pembangunan kesehatan di suatu daerah. layanan medik kuratif dan rehabilitative di puskesmas talise sudah maksimal mulai dari upaya pengobatannya sampai dengan upaya edukasi terhadap pasien. Kata Kunci : Pasien; Masyarakat; Pelayanan Kesehatan Dasar; Puskesmas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up