Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTANGGUNG JAWAB PENGANGKUT TERHADAP PENUMPANG DALAM PENYELENGGARAAN ANGKUTAN UDARA NIAGA DALAM NEGERI
Nama: MOH HASHIM REZKIMAN
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK MOH HASHIM REZKIMAN , D10116141, TANGGUNG JAWAB TERHADAP PENUMPANG DALAM PENYELENGGARAAN ANGKUTAN UDARA NIAGA DALAM NEGERI Pembimbing : Prof. Dr. Sutarman Yodo , S.H.,M.H Dalam kegiatan pengangkutan udara niaga terdapat dua pihak, yaitu pengangkut dalam hal ini adalah perusahaan atau maskapai penerbangan dan pihak pengguna jasa atau konsumen. Para pihak tersebut terikat oleh suatu perjanjian, yaitu perjanjian pengangkutan. Sebagaimana layaknya suatu perjanjian yang merupakan manisfestasi dari hubungan hukum yang bersifat keperdataan maka di dalamnya terkandung hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan dan dipenuhi, yang biasa dikenal dengan istilah “prestasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab pengangkut terhadap penumpang yang mengalami kerugian dalam penerbangan udara niaga di Indonesia dan ganti rugi perusahaan terhadap penumpang yang mengalami kerugian dalam penerbangan udara niaga di Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu analisa secara yuridis normative yaitu pendekatan dilakukan melalui pendekatan perundang-undangan yang dilakukan dengan menelaah semua undang-undang dan regulasi yang bersangkut paut dengan isu hukum yang sedang ditangani. Hasil penelitian meliputi: (1) Pengangkut udara bertanggung jawab terhadap penumpang yang hak-haknya dilanggar dan menimbulkan kerugian, seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang penerbangan bahwa posisi penumpang masih lemah sebagai pengguna jasa penerbangan. (2) Ganti rugi yang dilakukan pengangkut terhadap penumpang beraneka ragam, salah satunya ganti rugi berupa materi, baik itu karena penumpang mengalami kerusakan bagasi maupun meninggal dunia akibat dari kecelakaan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pengangkut dan Penumpang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up