JudulPERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM MENYELESAIKAN KASUS SENGKETA DI KOTA PALU |
Nama: HANIFA NURMAYSHITTA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk bagaimana peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam menyelesaikan kasus di Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode empiris. Penelitian dengan metode empiris ini merupakan penelitian dengan meneliti data primer langsung di lapangan. Pendekatan empiris adalah pendekatan yang dilakukan dengan cara meneliti data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPSK di kota palu mempunyai peranan sebagai salah satu lembaga yang menangani dan menyelesaikan kasus sengketa konsumen di luar pengadilan yang mempunyai tugas serta fungsi dengan cara Mediasi,Konsiliasi dan Arbitrase. Kedudukan lembaga BPSK di kota palu ini setara dengan Pengadilan Negeri Lembaga Tingkat yang pertama yang menangani penyelesaian sengketa konsumen. Keanggotaan dari BPSK terdiri dari 3 unsur yaitu unsur pemerintah,unsur konsumen,dan unsur pelaku usaha. Peranan BPSK dalam proses penyelesaiannya BPSK menggunakan 3 cara yaitu,Mediasi,Konsiliasi,dan Arbitrase. Pada proses Mediasi BPSK berfungsi sebagai mediator yang bersifat aktif dalam Mendamaikan dan memberi saran kepada pihak dalam penyelesaian sengketa konsumen. |