Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT DALAM PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Pasangkayu)
Nama: ETRI JAYANTI B
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Etri Jayanti B, D 101 15 633, Tanggung Jawab Rumah Sakit Dalam Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Pasangkayu), Pembimbing : Dr. H. M. Yasin Nahar, SH., MH. Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita Bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Oleh karena itu, setiap kegiatan dan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dilaksanakan berdasarkan prinsip non-diskriminatif, partisipatif, perlindungan, dan berkelanjutan yang sangat penting artinya bagi pembentukan sumber daya manusia Indonesia, peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa, serta pembangunan nasional. Rumah sakit memiliki arti penting dalam memberikan pelayanan kesehatan maupun pelayanan medis. Pelayanan kesehatan pada rumah sakit merupakan hal yang penting dan harus dijaga maupun ditingkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku agar masyarakat sebagai konsumen dapat merasakan pelayanan kesehatan yang diberikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Tanggung Jawab Rumah Sakit terhadap pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna kartu BPJS?, (2) Bagaimana implementasi pelayanan kesehatan pasien pengguna kartu BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pasangkayu ?, Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris dengan melakukan penelitian lapangan di RSUD Kabupaten Pasangkayu. Analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kata Kunci : BPJS; Pasien; Rumah Sakit; Tanggung Jawab.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up