Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMENUHAN HAK ANAK DIDIK UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PALU)
Nama: KURNIA SANDY
Tahun: 2020
Abstrak
PEMENUHAN HAK ANAK DIDIK UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PALU) KURNIA SANDY/ D 101 15 083 PEMBIMBING : VIVI NUR QALBI, S.H, M.H ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pemenuhan Hak Anak Didik Untuk Mendapatkan Pendidikan Dan Pembinaan Di Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kasus Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu”. Pemenuhan hak anak didik sebagai warga binaan sangatlah penting terlebih terdapat di LPKA sebagai lembaga atau tempat anak menjalani masa pidananya. Anak yang berhadapan dengan hukum merupakan generasi penerus bangsa yang tetap harus dipenuhi haknya selama berada di lembaga pembinaan khusus anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pemenuhan hak anak didik untuk mendapatkan pendidikan dan pembinaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Palu dan faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan dan pembinaan bagi anak didik di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Palu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yuridis empiris. Data yang digunakan berupa data primer dan metode pengumpulan datanya yaitu penelitian kepustakaan (library research) yaitu memperoleh data dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu di mana penyelesaiannya melalui bentuk observasi dan wawancara dengan pihak yang terkait dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak anak didik untuk mendapatkan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu belum sepenuhnya terpenuhi. Namun upaya pelaksanaan pendidikan dan pembinaan terus dilakukan sebaik mungkin mengingat sangat pentingnya pendidikan bagi seorang anak. Pelaksanaan pendidikan terdapat jadwal yang telah di tetapkan oleh petugas LPKA dan tenaga pengajarnya masih dilakukan oleh pihak LPKA itu sendiri. Saat ini mereka masih mengupayakan untuk bekerjasama dengan dinas setempat terkait masalah pendidikan bagi anak yang berada di LPKA Kelas II Palu. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pemenuhan hak anak didik untuk mendapatkan pendidikan dan pembinaan di LPKA Kelas II Palu yaitu, waktu dan bentuk pendidikan, anak didik itu sendiri, sarana dan prasarana, anggaran. Kata Kunci: Hak Mendapatkan Pendidikan Dan Pembinaan, LPKA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up