JudulPENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DANA ISL KEMENTERIAN PUPR DENGAN KOMPETENSI FASILITATOR EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEY PADA ORGANISASI MASYARAKAT SETEMPAT DI PROVINSI SULAWESI TENGAH) |
Nama: MOHAMMAD YUDHA SYAHPUTRA, S.AK |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Tingkat Pendidikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dana ISL Kementerian PUPR dengan Kompetensi Fasilitator Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi (Survey Pada Organisasi Masyarakat Setempat Di Provinsi Sulawesi Tengah). Permasalahan utama dalam penelitian ini berkaitan dengan kualitas pelaporan keuangan yang bervariasi antar OMS, yang diduga dipengaruhi oleh tingkat pemahaman akuntansi dan latar belakang pendidikan pengurus OMS, serta efektivitas fasilitator ekonomi dalam proses pendampingan teknis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) melalui software WarpPLS 8.0. Sampel dalam penelitian ini adalah pengurus keuangan OMS yang aktif dalam program ISL. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Selain itu, kompetensi fasilitator ekonomi terbukti berperan sebagai variabel moderasi, di mana ia memperkuat hubungan antara pemahaman akuntansi dan kualitas laporan keuangan, namun memperlemah hubungan antara tingkat pendidikan dan kualitas laporan keuangan. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas akuntansi dan pendampingan teknis dalam mewujudkan tata kelola keuangan komunitas yang transparan, akuntabel, dan partisipatif. Kata kunci: pemahaman akuntansi, tingkat pendidikan, kualitas laporan keuangan, kompetensi fasilitator ekonomi, OMS, ISL, PUPR, moderasi. |