Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN, MORAL PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PELAPORAN WAJIB PAJAK DENGAN APLIKASI E-BUPOT UNIFIKASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah)
Nama: FAHMI
Tahun: 2025
Abstrak
Fahmi, C 302 21 015, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Moral Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Dengan Aplikasi E-Bupot Unifikasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah) dibimbing oleh Jamaluddin dan Andi Chairil Furqan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, moral pajak, dan sanksi Pajak terhadap kepatuhan pelaporan pajak, serta mengeksplorasi peran aplikasi e-Bupot Unifikasi sebagai variabel moderasi. Studi ini difokuskan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah KPP Pratama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, dengan latar belakang rendahnya tingkat pelaporan pajak (SPT masa) meskipun tingkat penyetoran pajak telah mencapai 100%. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada bendahara OPD dan dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS) dengan perangkat lunak WarpPLS untuk menguji hubungan langsung, tidak langsung, dan efek moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, moral pajak, dan sanksi pajak secara signifikan meningkatkan kepatuhan pelaporan pajak. Namun, aplikasi e-Bupot Unifikasi tidak memperkuat hubungan Moral pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Pelaporan, bahkan menunjukkan moderasi negatif pada hubungan kualitas pelayanan dan kepatuhan pelaporan pajak, yang disebabkan oleh kompleksitas sistem yang sulit dipahami, kurangnya pemahaman pengguna, serta resistensi terhadap teknologi baru. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur perpajakan dan implikasi praktis bagi otoritas pajak. Untuk meningkatkan kepatuhan pelaporan pajak, disarankan agar pemerintah memperkuat kualitas pelayanan, menumbuhkan moral pajak melalui edukasi, serta memastikan penerapan sanksi yang tegas dan konsisten. Optimalisasi penggunaan aplikasi e-Bupot Unifikasi juga perlu dilakukan dengan penyederhanaan sistem dan peningkatan sosialisasi kepada pengguna. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Moral Pajak; Sanksi Pajak; Kepatuhan Pelaporan Pajak OPD; e-Bupot Unifikasi dan Warp PLS 7.0

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up