JudulPENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI, DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Pengguna SIMDA Di OPD Kota Palu) |
Nama: NUR RIZKIANTI SURYANTO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur Rizkianti Suryanto, C 302 19 004. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Dukungan Manajemen Terhadap Kinerja Pegawai, dengan Kepuasan Pengguna Sistem Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pengguna SIMDA di Operasi Perangkat Daerah Kota Palu). Dibimbing oleh Sudirman selaku Ketua Pembimbing dan Muh. Ikbal selaku Anggota Pembimbing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia yang semakin maju. Perkembangan sistem informasi berbasis teknologi juga mengalami kemajuan dan perkembangannya yang cukup pesat. Informasi yang tepat, andal, akurat dan terbaru sangat diperlukan saat ini dalam pengambilan keputusan karena digunakan dalam proses perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian aktivitas baik perusahaan, instansi maupun kinerja individual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalisis pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi dan dukungan manajemen terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan pengguna sistem sebagai vaiabel intervening dengan teori Technology Acceptance Model (TAM). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna SIMDA di OPD Kota Palu dan jumlah sampel sebanyak 164 responden. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (2) kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem; (3) dukungan manajemen tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai; (4) dukungan manajemen tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem; (5) kepuasan pengguna sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (6) kepuasan pengguna sistem memediasi pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja pegawai; dan (7) kepuasan pengguna sistem tidak memediasi pengaruh dukungan manajemen terhadap kinerja pegawai. Kata Kunci : Pengguna SIMDA, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Dukungan Manajemen, Kinerja Pegawai, Kepuasan Pengguna Sistem, OPD Kota Palu. |