Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPOLA PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z: ANALISIS NETNOGRAFI PADA FENOMENA FEAR Of MISSING OUT (FoMO)
Nama: SITI MU'AWIYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk menemukan pola perilaku keuangan gen Z atas fenomena FoMO. Penelitian ini mengunakan metode penelitian netnografi. Periode penelitian dari tanggal 21 September hingga 20 November tahun 2024. Data penelitian merupakan komentar yang dianalisis dari konten seputar pakaian, makanan, kecantikan dan keuangan gen Z pada aplikasi Instagram dan Tiktok. Hasil menunjukkan bahwa gen Z cenderung hedonisme dan impulsif, yaitu paling lihat harga dan gratis ongkir saat belanja online. Walaupun gen Z berupaya untuk berinvestasi dan menghemat pengeluaran, keseimbangan finansial gen Z mudah dipengerauhi oleh iklan sosial media, review influencer, dan gratis ongkir yang mendorong gen Z untuk FoMO. Ini dibuktikan pada konten seputar pakaian, makanan dan kecantikan menunjukkan bahwa tingginya komentar minat pada konten dipengaruhi oleh review influencer. Gen Z cenderung menggunakan Pay Later untuk mendapatkan promo belanja online. Dengan hasil penelitian diatas, konten edukasi keuangan sangat membantu gen Z untuk sadar akan mengelola finansial mereka sehingga dapat mengendalikan perilaku FoMO yang menjadi hedonisme dan impulsif hingga berujung doom spending. Dengan fungsi konten edukasi tersebut diharapkan gen Z akan memanfaatkan keuangan mereka dengan lebih baik sehingga terhindar dari perilaku hedonisme dan konsumtif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up