Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022
Nama: ANDINI
Tahun: 2024
Abstrak
Andini, C 301 20 106. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022”. Dibimbing oleh Moh. Iqbal Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA), leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), serta ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 46 perusahaan manufaktur yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda, dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, yang berarti bahwa perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi cenderung lebih aktif dalam mengungkapkan tanggung jawab sosial mereka. Sebaliknya, leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan CSR, menunjukkan bahwa perusahaan dengan rasio leverage yang tinggi cenderung mengurangi pengungkapan CSR karena fokus mereka lebih tertuju pada pemenuhan kewajiban finansial. Selain itu, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, yang mendukung pandangan bahwa perusahaan yang lebih besar lebih mampu dan lebih berkomitmen untuk melaksanakan serta mengomunikasikan kegiatan tanggung jawab sosial mereka. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up