JudulPENGARUH MODAL, JUMLAH PENJUALAN DAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KULINER DI KECAMATAN ULUJADI SAAT PANDEMI COVID-19 |
Nama: REGYNA ADYTISTI MANGOTING |
Tahun: 2023 |
Abstrak Regyna, Pengaruh Modal, Jumlah Penjualan dan Pemasaran Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Ulujadi Saat Pandemi Covid-19, dibimbing oleh Rahayu Indriasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari modal, jumlah penjualan dan pemasaran terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan secara langsung kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi dengan jumlah 82 responden. Pengelolahan dan analisis data menggunakan bantuan SPSS 22 dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan modal, jumlah penjualan dan pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Jumlah penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Kata kunci: Modal, Jumlah Penjualan, Pemasaran dan Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner. Regyna, Pengaruh Modal, Jumlah Penjualan dan Pemasaran Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Ulujadi Saat Pandemi Covid-19, dibimbing oleh Rahayu Indriasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari modal, jumlah penjualan dan pemasaran terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan secara langsung kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi dengan jumlah 82 responden. Pengelolahan dan analisis data menggunakan bantuan SPSS 22 dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan modal, jumlah penjualan dan pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Jumlah penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner di Kecamatan Ulujadi saat pandemi Covid-19. Kata kunci: Modal, Jumlah Penjualan, Pemasaran dan Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kuliner. |