JudulPotensi Pajak Reklame Pada Kabupaten Sigi (Studi Kasus Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sigi) |
Nama: NI'MATURRAMADHANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni’maturramadhani, Analisis Potensi Pajak Reklame Pada Kabupaten Sigi dibawah bimbingan Supriadi Laupe. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan atau mendeskripsikan potensi pajak reklame di Kabupaten Sigi. Teknik pengumpulan data yaitu paradigma post positivisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif induktif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekni analisis ialah studi kasus instrumental tunggal, yaitu satu kasus khusus reklame. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa untuk 3 (tiga) tahun terakhir, reklame yang dikelolah oleh Badan Pendapatan Daerah masih terbatas pada 2 jenis reklame yakni reklame papan / Billboard / Videotroan / Megatroan dan reklame kain. Penggalian potensi untuk 3 (tiga) tahun ke depan ialah reklame ; melekat (stiker), selebaran, berjalan pada kendaraan, dan reklame peragan. Potensi reklame yang berpeluang adalah reklame perumahaan, rokok, perbankan, swalayan, penawaran kendaraan, resto, penginapan/hotel, agrobisnis, produk alat elektronik dan bahan- bahan bangunan. Potensi reklame ini membutuhkan sumber daya manusia yang mendukung. Kata kunci : potensi pajak reklame, Kabupaten Sigi. |