JudulPENGARUH LITERASI KEUANGAN, TRUST, ONLINE CUSTOMER RATING DAN REVIEW TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DAN PROFITABILITAS PADA SELLER SHOPEE |
Nama: WIDYATUSYIFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak WIDYATUSYIFA C30118510, Pengaruh Literasi Keuangan, Trust, Online Customer Rating dan Review terhadap Keberlangsungan Usaha dan Profitabilitas Pada Seller Shopee dibimbing oleh Chalarce Totanan. Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penulis yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, trust, online customer rating dan review terhadap profitabilitas dan keberlangsungan usaha pada seller shopee. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Literasi keuangan, trust, online customer rating dan review secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlangsungan usaha, 2) Literasi keuangan, trust, online customer rating dan review secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas 3) Literasi keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlangsungan usaha, 4) Trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlangsungan usaha, 5) Online customer rating secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan usaha, 6) Online customer review secara parsial tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha, 7) Literasi keuangan secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas, 8) Trust secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas, 9) Online customer rating secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, 10) Online customer review secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Trust, Online Customer Rating, Online Customer Review, Keberlangsungan Usaha, Profitabilitas |