Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018 (Studi Pada Desa Tumora Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso)
Nama: MUHAMMAD RIFAI BATJO
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK MUHAMMAD RIFAI BATJO, Analisis Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018 (Studi pada Desa Tumora Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso) dibimbing oleh Yuldi Mile dan Tenripada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018. (Studi pada Desa Tumora Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso). Adapun motode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode kualitatif deskriptif serta menggunakan data Primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan Desa Tumora sebagian besar telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Kesesuaian ini dapat diketahui dari tahap pelaporan yang terdapat 4 poin pelaporan, dari keempat poin itu telah sesuai. Pertanggungjawaban keuangan Desa Tumora berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018 yang menunjukkan dari 11 poin pertanggungjawaban terdapat 8 poin yang sesuai dan 3 poin yang tidak sesuai. Pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan Desa Tumora ke Bupati melalui Camat. Adapun tugas Bupati dalam hal ini diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Setelah laporan diverifikasi oleh Dinas PMD, kemudian pelaporan tersebut diupload di aplikasi Siskeudes dengan mencantumkan laporan realisasi APBDes dan realisasi kegiatan. Sedangkan pertanggungjawaban Desa Tumora kepada masyarakat mengenai realisasi APBDes dengan menginformasikan di papan baliho yang terdapat di kantor Desa Tumora. Kata Kunci : Pelaporan, Pertanggungjawaban, Tumora, APBDes. ABSTRACT MUHAMMAD RIFAI BATJO, Analysis of Village Financial Reporting and Accountability Based on Permendagri No 20 of 2018 (Study on Tumora Village, North Poso Pesisir Subdistrict, Poso Regency) supervised by Yuldi Mile and Tenripada. The aim of this research is to determine and analyze village financial reporting and accountability based on Permendagri No. 20 of 2018. (Study in Tumora Village, Poso Pesisir Utara District, Poso Regency). The data analysis method used in this research is a descriptive qualitative method and uses primary and secondary data collected through interviews, observation and documentation. The research results show that the financial reporting and accountability of Tumora Village is largely in accordance with Minister of Home Affairs Regulation Number 20 of 2018. This conformity can be seen from the reporting stage where there are 4 reporting points, of which the four points are in accordance. The financial accountability of Tumora Village is based on Minister of Home Affairs Regulation No. 20 of 2018 which shows that of the 11 points of accountability there are 8 points that are appropriate and 3 points that are not appropriate. Reporting and financial accountability of Tumora Village to the Regent through the District Head. The Regent's duties in this case are given to the Community and Village Empowerment Service (PMD). After the report is verified by the PMD Service, the report is then uploaded to the Siskeudes application by including the APBDes realization report and activity realization. Meanwhile, Tumora Village is accountable to the community regarding the realization of the Village Budget by providing information on billboards at the Tumora Village office. Keywords: Reporting, Accountability, Tumora, APBDes.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up