Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAKUNTABILITAS KINERJA PELAYANAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS III PALU
Nama: NI MADE MILANIA
Tahun: 2024
Abstrak
Ni Made Milania C 301 18 295. Akuntabilitas Kinerja Pelayanan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III PALU. Dibimbing oleh M.Ikbal A. selaku pembimbing I dan Jurana Nurdin selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memaknai tentang akuntabilitas kinerja pelayanan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas III Palu. Peneliti menerapkan metode etnometodologi dengan menggunakan alat analisis indeksikalitas, revleksivitas, kontekstual, dan common sense knowledge of social structures. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Urusan Tata Usaha, Staf Pembinaan, Staf Keuangan, dan 2 Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) di Lapas perempuan Palu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Palu berupaya dalam memaksimalkan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya upaya mengembangkan aplikasi dalam layanan kunjungan, menyediakan layanan menu 10 hari, melakukan pelatihan dan pemasaran hasil kerajinan warga binaan, menyelenggaraan program KAMIS (Kami Mawas Diri), dan penggunaan kartu Brizzi sebagai alternatif peredaran uang non tunai. Lapas Perempuan Palu mewujudkan bentuk akuntabilitas kinerja dengan menyusun dan melaporkan pertanggungjawaban akuntabilitas kinerja dalam bentuk Laporan Kinerja instansi Pemerintah (LKjIP) serta melakukan Survei Kepuasan Warga Binaan sebagai bahan evaluasi. Hasil survei kepuasan Warga Binaan Pemasyarakatan terhadap 180 warga binaan menunjukan penilaian positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palu. Kata Kunci : Akuntabilitas Kinerja Pelayanan, Etnometodologi, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up