JudulPENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN KUALITAS PELATIHAN DAN PENGALAMAN KERJA APARATUR DESA TERHADAP PEMAHAMAN LAPORAN KEUANGAN DESA DENGAN KOMITMEN PIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi pada aparatur desa se kecamatan sirenja kabupaten Donggala ) |
Nama: MUH SAIFUL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Muh Saiful C30118220. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, dan Pengalaman Kerja Aparatur Desa Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa dengan Komitmen Pimpinan Sebagai Variabel Moderasi. Dibimbing oleh Nina Yusnita Yamin dan Mustamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, dan pengalaman kerja aparatur desa terhadap pemahaman laporan keuangan desa dengan komitmen pimpinan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survey. Sampel penelitian ini adalah aparatur pemerintah desa sekecamatan Sirenja yang berjumlah 52 responden. Sampel tersebut diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh dan signifikan terhadap pemahaman laporan keuangan desa, kualitas pelatihan tidak berpengaruh terhadap pemahaman laporan keuangan desa, pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap pemahaman laporan keuangan desa, komitmen pimpinan tidak memoderasi tingkat pendidikan terhadap pemahaman laporan keuangan desa, komitmen pimpinan tidak memoderasi kualitas pelatihan terhadap pemahaman laporan keuangan desa, komitmen pimpinan tidak memoderasi pengalaman kerja terhadap pemahaman laporan keuangan desa. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, Pengalaman Kerja, Pemahaman Laporan Keuangan, Komitmen Pimpinan. |