JudulPENGARUH PENGUASAAN TEKNOLOGI, PENGGUNAAN E-SYSTEM PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI NON KARYAWAN (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu) |
Nama: NI LUH AYU PUTRI DEWI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Luh Ayu Putri Dewi, C30118164, Pengaruh Penguasaan Teknologi, Penggunaan E-System Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu, dibawah bimbingan Pembimbing I Bapak Dr.Jamaluddin,SE,M.Si,Ak dan Pembimbing II Ibu Tenripada,SE.,M.Sc,Ak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penguasaan teknologi, penggunaan e-system perpajakan dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu baik secara simultan maupun parsial.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 responden. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa penguasaan teknologi dan kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan, sedangkan penggunaan e-system perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan. Secara simultan, penguasaan teknologi, penggunaan e-system perpajakan dan kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu. Kontribusi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi otoritas pajak untuk memperkuat penggunaan e-system perpajakan dan meningkatkan kualitas pelayanan perpajakan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan, khususnya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu. Kata Kunci : E-system Perpajakan, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan. |