JudulPENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020) |
Nama: SAIFUL AMIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak SAIFUL AMIN, C 301 18 151. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Dibimbing oleh Andi Mattulada Amir dan Fikry Karim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 20 perusahaan dari total 47 perusahaan yang dijadikan populasi penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu data laporan keuangan Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020 (60 pengamatan) yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pengujian PLS (Partial Least Square) dengan bantuan pemrograman WarPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. CSR memperkuat hubungan leverage terhadap nilai perusahaan. CSR tidak memperkuat hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. CSR tidak memperkuat hubungan Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Dan Tanggung jawab sosial. |