JudulPENGARUH PENGETAHUAN, KUALITAS LAYANAN DAN MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Memiliki Usaha Dagang Pakaian Di Kota Palu) |
Nama: NOVIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Novia, C 301 18 024. “ Pengaruh Pengetahuan, Kualitas layanan dan Motivasi Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Memiliki Usaha Dagang Pakaian di Kota Palu)”. Dibimbing oleh Jamaluddin dan Ni Made Suwitri Parwati Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan, kualitas layanan dan motivasi wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada wajib pajak orang pribadi yang memiliki usaha dagang pakaian di Kota Palu yang berjumlah 220 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square 7.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengetahuan, kualitas layanan dan motivasi membayar pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Pengetahuan, kualitas layanan dan motivasi membayar pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kesadaran wajib pajak memediasi hubungan antara pengetahuan, kualitas layanan dan motivasi membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Usaha Dagang Pakaian ABSTRACT Novia, C 301 18 024. “ The Influence Of Knowledge, Quality Of Service And Taxpay Motivation On Taxpayer Compliance With Awareness As The Intervening Variable (A Study on Individual Taxpayers Who Have Clothing Trading Businesses in Palu City)”. Supervised by Jamaluddin and Ni Made Suwitri Parwati The purpose of this study was to examine and analyze the effect of knowledge, service quality and motivation of taxpayers on taxpayer compliance with awareness as an intervening variable. The type of research used is quantitative research with a survey approach. Data was collected by distributing questionnaires to individual taxpayers who have a clothing trading business in Palu City, totaling 220 respondents. The analytical method used is Partial Least Square 7.0. The results of the study conclude that knowledge, service quality and motivation to pay taxes have a positive and significant effect on taxpayer awareness. Knowledge, service quality and motivation to pay taxes have no significant effect on taxpayer compliance. Taxpayer awareness mediates the relationship between knowledge, service quality and motivation to pay taxes on taxpayer compliance. Keywords: Individual Taxpayer Compliance, Clothing Trading Business |