JudulPENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN PENGETAHUAN WAJIB PAJAK TENTANG PERATURAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALU |
Nama: RANITA RENI RISCASARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ranita Reni Riscasari, C 301 17 357. “Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota PALU” Dibimbing oleh Ridwan dan Betty. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modernisasi sistem administrasi perpajakan, kualitas pelayanan, dan pengetahuan wajib pajak tentang peraturan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Jumlah populasi seluruh pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di kantor Samsat pada tahun 2021 sebanyak 119.824, adapun penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modernisasi sistem administrasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, pengetahuan wajib pajak tentang peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kata Kunci : Sistem Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak. |