JudulMAKNA LABA DARI PERSPEKTIF PEMILIK COFFE SHOP KOPI TARO |
Nama: ELSHADAI FRISTY LIMBA ILAHI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan makna laba bagi pemilik Kopi Taro, di Kota Palu. Melalui pendekatan fenomenologi, penelitian ini menggali persepsi pemilik Kopi Taro terhadap konsep laba. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemilik Kopi Taro memaknai laba tidak hanya sebagai keuntungan finansial semata, tetapi juga sebagai keuntungan sosial yang diperoleh dari interaksi dengan pelanggan dan komunitas. Konsep "laba sosial" ini merujuk pada nilai-nilai positif yang diperoleh dari membangun hubungan yang baik dengan orang lain, yang dianggap memiliki dampak signifikan terhadap keberlangsungan usaha. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang motivasi pelaku usaha dalam mengelola bisnis. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah yang berorientasi pada nilai-nilai sosial. Kata Kunci : Coffe Shop, laba Sosial, Fenomenologi, Keberlanjutan Usaha |