Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH SOCIAL VISIBILITY DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)
Nama: MAHATIR MUHAMMAD
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh social visibility, yang diproksikan dengan media exposure dan tipe industri, dan kepemilikan asing terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan profitabilitas sebagai variabel kontrol. Pengungkapan corporate social responsibility pada penelitian ini diukur menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI) versi GRI Standards. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel penelitian yaitu 19 perusahaan dengan periode penelitian 3 tahun. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang dihimpun melalui teknik dokumentasi yang terdiri dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media exposure memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sementara itu, tipe industri dan kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up