JudulPENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2021) |
Nama: ADAM LACOPO |
Tahun: 2023 |
Abstrak ADAM LACOPO, C 301 17 024. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur sektor industri barang konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2022). Dibimbing oleh Supriadi Laupe dan Muliati. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 22 perusahaan dari total 37 perusahaan yang dijadikan populasi penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu data laporan keuangan Perusahaan Manufaktur sektor industri barang konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021 (154 pengamatan) yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. CSR tidak memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. CSR memperkuat pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. CSR tidak memperkuat pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Dan Tanggung jawab sosial. |